Friday 8 February 2013

Jadi Pesepakbola Hebat, Thohir: Asal Aya Kadaek

PIAWAI memoles pesepakbola handal, Penasehat Teknik Persib Bandung, Indra M. Thohir mengungkapkan sedikit rahasia menjadi pesepakbola berkualitas.

“Asal aya kadaek (asal ada kemauan),” ujar Thohir kepada persibholic.com di Sentani, Kabupaten Jayapura belum lama ini.

Terdengar sederhana memang. Tapi bagi Thohir, kemauan atau motivasi merupakan modal utama bagi seorang atlet sepak bola yang ingin meningkatkan kemampuannya.

Motivasi juga selalu menjadi salah parameter bagi Thohir ketika dirinya melakukan talent scouting untuk membentuk tim junior atau usia dini.

“Saya beberapa kali menangani tim junior, seperti Porda dan lain-lain. Saya selalu ditanya ingin pemain yang seperti apa? Dan saya selalu menjawab kumpulkan saja anak-anak yang punya kemauan untuk bermain bola. Yang punya kemauan untuk berlatih, cape, papanasan,” papar Thohir.

Ditanya apakah bakat dan fostur tubuh bakal mempengaruhi karier sepak bola seseorang ke depan, Thohir tidak menampiknya. “Tapi kalau mau berlatih keras pasti bisa. Lionel Messi juga dulu tidak bisa apa-apa. Dia juga jadi seperti ini karena berlatih terus. Sama seperti mengendarai mobil atau motor, kalau mau berlatih pasti bisa,” ungkap Thohir.

“Soal postur pasti jadi pertimbangan. Seperti pemilihan kiper, pasti cari postur ideal buat kiper seperti yang jarinya panjang dan lain-lain. Tapi terkadang juga seseorang yang bisa dibilang posturnya kurang ideal di posisi tersebut karena tekun berlatih malah jadi bagus main di posisi itu. Banyak lah contohnya,” lanjutnya.

Terakhir, Thohir mengatakan kesuksesan seseorang selain bergantung pada usaha juga ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu Thohir menyarankan agar para pesepakbola muda bisa mendekatkan diri pada Tuhan agar usahanya membuahkan hasil yang baik.

No comments:

Post a Comment